Apa itu Hosting?

Apa itu Hosting

Sumber Foto/Gambar : websiteplanet.com

Sebagai orang awam di dunia maya atau internet mungkin akan bertanya – tanya tentang apa pengertian hosting itu? Kegunaan hosting untuk apa? Apakah hosting berguna untuk semua pengguna internet?. Nah… kali ini KhariVan akan menjelaskan tentang apa itu hosting dan kegunaan hosting.

Pengertian Hosting

Hosting adalah tempat atau media penyimpanan secara online yang digunakan sebagai tempat penyimpanan file – file website atau aplikasi website yang akan digunakan. Setiap website yang ada di dunia maya membutuhkan hosting untuk dapat meng-online-kan websitenya. Hosting dapat diibaratkan sebuah tanah kosong dengan ukuran tertentu dan Website ibaratnya sebuah bangunan yang berada diatas tanah tersebut, serta Nama Domain diibaratkan alamat bangunan tersebut.

Ketika anda membeli suatu layanan hosting pada penyedia maka pada dasarnya anda sedang meminjam ruang/ space pada server penyedia tersebut. Semua file – file website kita akan berada di ruang/ space server tersebut selama jangka waktu tertentu, tergantung dari lamanya kita meminjam ruang/ space server tersebut.

Jenis – Jenis Hosting

Penyedia layanan hosting memiliki jenis hosting yang berbeda – beda untuk ditawarkan kepada klien mereka. Jenis – jenis hosting tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan klien. Jenis hosting yang sering digunakan antara lain yaitu Share Hosting, Virtual Private Server (VPS) Hosting, Cloud Hosting, WordPress Hosting, dan Dedicated Server Hosting.

Shared Hosting adalah layanan hosting dimana sebuah akun hosting ditaruh bersama-sama dengan beberapa akun hosting lainnya dalam satu server yang sama. Virtual Private Server (VPS) Hosting adalah sebuah server yang dibagi – bagi menjadi beberapa virtual server sehingga dapat diinstal sistem operasi dan berbagai aplikasinya sendiri. Cloud Hosting adalah layanan hosting yang terhubung dengan banyak server yang saling berinteraksi satu sama lainnya dan menjaga performa. Wordpress Hosting adalah sebuah layanan hosting yang dibuat khusus untuk para pengguna CMS WordPress sehingga para pemilik website dapat fokus pada konten blog tanpa harus memikirkan masalah teknis seperti kecepatan loading (speed), keamanan (security) dan masalah resource limit yang membatasi, sedangkan Dedicated Server Hosting adalah layanan hosting dimana sebuah server hanya dipakai oleh 1 (satu) akun/ website/ klien saja.

Add a Comment

*Wajib diisi