Apa itu Nama Domain?

DomainSumber Gambar : domain.me

Menurut wikipedia.org, Nama Domain atau Domain Name adalah nama unik yang diberikan untuk identifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer atau internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain. Sistem nama domain (DNS) adalah aturan yang dipakai dalam sistem penamaan dari nama domain ini.

Selain menentukan nama domain, kita juga diharuskan untuk menentukan ekstensi domain apa yang akan kita gunakan. Ada 2 (dua) jenis ekstensi domain ini, yaitu Ekstensi Umum/ Internasional dan Ekstensi Khusus/ Negara. Ekstesi umum/ internasional adalah ekstensi pada akhir nama domain yang biasa digunakan di seluruh dunia, misalnya namadomain.com, namadomain.net, namadomain.co, namadomain.biz, namadomain.org, namadomain.info, dan lain sebagainnya. Ekstensi khusus/ negara adalah ekstensi domain yang dibuat secara khusus untuk masing-masing negara di seluruh dunia, misalnya namadomain.co,id, namadomain.id, namadomain.my.id, namadomain.sch.id, namadomain.ac.id, namadomain.or.id, namadomain.go,id, dan lain sebagainya. Ekstensi khusus yang berakhiran .id digunakan khusus untuk negara Indonesia dan untuk negara – negara lainnya memiliki ekstensi yang berbeda, misalnya .uk untuk Britania Raya (United Kingdom), .sg untuk singapura, .my untuk malaysia, dan lain sebagainnya.

Satu hal yang perlu diingat bahwa setelah kita membeli nama domain bukan berarti nama domain tersebut menjadi milik kita seterusnya. Kepemilikian nama domain ini ada masa berlaku/ kadaluarsanya yaitu minimal 1 (satu) tahun terhitung setelah kita membeli nama domain tersebut. Ketika memilih nama domain yang akan digunakan hendaknya memilih nama yang mudah diingat dan diucapkan sehingga memudahkan orang lain untuk mengunjungi situs kita.

Add a Comment

*Wajib diisi