Pengertian Website, Manfaat dan Kegunaan Website

Pengertian dan Manfaat Website

Sumber Foto/ Gambar : time.com

Website dapat diartikan sebagai kumpulan beberapa halaman yang menampilkan informasi baik berupa tulisan/ text, gambar diam atau gerak, animasi, suara, video atau gabungan dari semuanya. Ada 2 (dua) jenis website, yaitu website statis dan website dinamis. Website statis apabila informasi yang ada pada website tersebut tetap, jarang berubah dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website itu sendiri. Sedangkan website dinamis apabila informasi yang ada pada website tersebut selalu berubah – ubah, isi informasinya interaktif dua arah yang berasal dari pemilik dan pengguna website tersebut. Contok website statis adalah website yang berisi profil perusahaan, sedangkan website dinamis contohnya seperti facebook, twitter, kaskus, dan lain sebagainnya.

Pada era digital seperti saat ini, banyak orang akan mencari berbagai informasi melalui internet. Salah satu manfaat dan kegunaan website bagi anda yang sedang menjalankan usaha atau bisnisĀ adalah untuk mengenalkan atau memberikan informasi tentang usaha dan bisnis anda secara luas agar dapat dikenal oleh banyak orang. SelainĀ itu, website memiliki manfaat dan kegunaan lainnya yaitu dapat membangun brand dan reputasi, media promosi dan transaksi 24 jam, menjadi virtual asset bisnis, mendapatkan pelanggan baru, media penjualan produk atau jasa, memperkenalkan profil perusahaan, mempermudah komunikasi, meningkatkan kualitas layanan, menjadi sarana publikasi resmi, kemudahan memberikan informasi, menimbulkan kesan lebih profesional, dapat meningkatkan kredibilitas, menghemat biaya dan waktu, jauh lebih murah dan fleksibel dari cetak iklan, mudah dan dapat selalu diakses dimanapun, kemudahan melakukan polling, dan target pasar lebih luas.

Ada berbagai cara yang dapat anda gunakan untuk membuat website, bahkan bagi anda yang awam atau belum memahami bahasa pemrograman pun saat ini dapat dengan mudah membuata website yaitu salah satunya dengan menggunakan Content Management System (CMS). Content Management System (CMS) adalah sistem manajemen pengelolaan konten/ isi website. Saat ini telah banyak bermunculan CMS – CMS baik yang berbayar maupun gratis/ opensource yang dapat anda gunakan untuk membuat website. Content Management System (CMS) tersebut antara lain adalah wordpress, joomla, drupal, dan lain sebagainnya.

Add a Comment

*Wajib diisi